Di Persimpangan Jalan : “Selamat Pagi Bupati” Di Ratih TV Kebumen

Dialog interaktif Selamat Pagi Bupati di Ratih TV, stasiun televisi lokal milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen telah berusia lebih dari 6 (enam) tahun. Sebuah program talk show yang ditayangkan secara langsung tiap pagi hari, Senin – Sabtu pukul 06.00 – 06.30 sedang khusus hari Minggu jam 06.00 – 07.00.

Acara ini di adakan semenjak Ibu Hj. Dra. Rustriningsih, Msi menjadi Bupati Kebumen (sekarang menjadi Wagub Jateng periode 2008 – 2013). Tak bisa dipungkiri atas peran beliau ini masyarakat bisa merasakan kedekatan yang begitu hangat melalui acara Selamat Pagi Bupati. Pada masa beliau menjabat bupati seperti tidak ada batas antara seorang pemimpin dan rakyatnya. Masyarakat di Kabupaten Kebumen bisa dengan bebas menyampaikan segala permasalahan langsung melalui telepon (0287) 381366 pada saat acara berlangsung, melalui surat atau datang sendiri ke Stasiun TV Lokal ini di Jl. Kutoarjo, Kebumen atau langsung ke Pendopo Rumah Dinas Bupati atau bahkan ke sms beliau. Daya tarik seorang perempuan dan seorang ibu memiliki andil yang sangat besar di sini.

Inilah kenangan terindah bagi saya selama saya hidup. Seorang masyarakat biasa yang bukan siapa-siapa seperti saya bisa berdialog dan menyarankan sesuatu bahkan kadang dengan emosi yang “meledak-ledak” dan terkesan membentak-bentak. Terima kasih pada Ibu Rustriningsih atas kesabarannya selama ini. Dan juga pada presenter acara ini terdahulu Bapak Omar Sara yang telah memberi kesempatan luas pada siapapun. Memang banyak perbedaan diantara kita, Pak Omar. Tapi itulah dinamika demokrasi. Setelah 5 (lima) tahun lebih Pak Omar Sara mengantar acara Selamat Pagi Bupati, beliau harus mundur. Sekarang beliau menjadi calon legislative dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pada Pemilu 2009 nanti untuk DPRD II Kebumen, tentu saja dengan nama aslinya. Inilah berkah dari kedekatannya dengan Ibu Rustriningsih karena lamanya mengasuh acara Selamat Pagi Bupati ini. Semoga berhasil jadi, Pak Omar ! Beliau juga seorang pensiunan (baru dua tahun) penyiar RRI Purwokerto.

Semenjak awal September 2008, Wakil Bupati KH. Nasirudin Al Mansyur menggantikan posisi Ibu Rustriningsih sebagai Bupati sampai 2010 mendatang. Sama seperti pendahulunya, Bapak Nasirudin juga rajin mengisi acara Selamat Pagi Bupati ini setiap pagi bila tak ada acara lain.

Ada perbedaan mendasar yang terjadi pada acara Selamat Pagi Bupati pada periode Bapak KH. Nasirudin Al Mansyur ini. Sekarang acara ini selalu di batasi dengan tema untuk 15 menit pertama. Pemirsa hanya bisa telepon interaktif pada 15 menit kedua. Sepertinya pemirsa dibatasi untuk berinteraktif, tak sebebas dulu. Tiap hari selalu berusaha diajukan tema-tema yang berbeda untuk dijadikan topik pembicaraan dengan masyarakat. Keuntungannya memang acara ini menjadi sangat terarah dan informatif. Kelemahannya, masyarakat menjadi serba salah untuk berpartisipasi menyampaikan permasalahannya. Tak banyak masyarakat yang menguasai tema yang di perbincangkan. Acara ini terkesan menjadi semakin kaku dan jauh dari masyarakat. Lebih berfungsi sebagai corong informasi Pemda ke publik Kebumen. Kecuali itu, presenternya yang masih muda, kurang berpengalaman dalam hidup dan berganti-ganti menjadikan acara ini mentah kembali. Kharisma Bapak Bupati KH. Nasirudin Al Mansyur sebagai seorang kiai dan ulama terkemuka di Kebumen memiliki andil besar membatasi kebebasan masyarakat Kebumen untuk berkeluh kesah dengan bebas.

Pada periode Ibu Rustriningsih dan presenter Omar Sara memang tidak ada tema yang dibicarakan tapi selalu ada “prolog” yang diambil dari koran atau kasus/berita yang sedang hangat di Kebumen. Masyarakat bebas berpartisipasi dan tidak terikat dengan masalah yang dibicarakan meski mereka yang berpartisipasi sering dengan permasalahan yang sama. Tapi tetap di terima dan di dengarkan oleh Pak Omar Sara dan Ibu Rustriningsih. Sekedar basa-basi, masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri, entahlah. Tapi itulah politik, strategi seorang politisi.

Nah, anda ingin mencoba interaktif pada acara Selamat Pagi Bupati ? Telpon ke (0287) 381366

8 Tanggapan

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  2. saya mau ksh srn bwt ratih tv. knp ratih tv tu gelombang’y gsr’y nnggung bngt sih masih tumpuk sm tvone. gmn sih. eh sy ingtkn ya ratih tv hrs di klola dngn baik2 jngn hnya mkn uang’ y sj. trs acr’ y jngn itu2 mlulu bsn ms cm lagu2 itu2 sj. mboya crew’ y yg kreatif. trmksh

    • Trims komentarnya. Tapi salah alamat, wong saya bukan pegawai Ratih TV. Saya ya cuma nonton thok. Lha mbok telpon langsung ke 0287 381366. Beres, kan ?

  3. wahhhhhhhhhhhh……………
    baguz banget……………..
    tp.. hasilnya gmn? da tindakan pa perubahan apa..?

    pa cuma omong doang???? itu iklanya dik doank..
    he he

    • Entahlah. Tapi, sekarang telpon ke acara SPB sangat sulit, entah kenapa. Trims atas komentarnya ya …

  4. Apakah ratih tv bisa magang untuk anak komunikasi….

    • Saya sudah menanyakannya. Silahkan anda langsung menemui Direktur Ratih TV Jl. Raya Kutoarjo, Kebumen, Jawa Tengah sambil membawa surat pengajuan magang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: