Caleg Tua versus Caleg Muda Di Pemilu 2009

M Saleh Caleg DPR RI usia 32 tahun

M Saleh Caleg DPR RI usia 32 tahun

Pilpres 2009 nanti sudah sangat jelas, kandidatnya adalah orang yang berusia tua dan mapan baik dari segi politik maupun ekonomi. Dua kandidat terkuat yang bakal maju sebagai calon presiden adalah Susilo Bambang Yudhoyono (incumbent) sekaligus penasehat Partai Demokrat yang mengusungnya sebagai calon presiden 2009 nanti dan Megawati Soekarnoputri (mantan presiden dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Ny.Amin Sudibyo Caleg DPRD Jateng,Berusia 60thn ke atas

Ny.Amin Sudibyo Caleg DPRD Jateng,Berusia 60thn ke atas

Undang-undang Pemilihan Presiden yang baru saja  di sahkan DPR RI menyatakan dengan jelas bahwa Pilpres 2009 nanti kaum muda yang berminat maju sebagai calon presiden sulit untuk mendapatkan peluang itu. Kecuali Mahkamah Konstitusi menganulir pasal-pasal itu. Bagaimana kabar uji materi yang diajukan sejumlah tokoh muda dan calon presiden dari partai gurem ?

Namun dalam Pemilu legislatif 2009 ini banyak kaum berusia muda yang mencoba peruntungan menjadi wakil rakyat., bersaing dengan calon yang berusia tua yang tetap berambisi mempertahankan kedudukannya. Kampanye pemilu yang sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2008 memunculkan gambaran itu. Di sudut-sudut jalan utama di Kebumen telah terpampang poster-poster, spanduk dan baliho para calon wakil rakyat ini. Kebanyakan di dominasi calon wakil rakyat yang telah berusia tua dan mapan. Mereka benar-benar menguasai keaadaan. Contohnya adalah gambar calon dari Ny. Amin Sudibyo, caleg DPRD Jateng dari Partai Golkar yang juga mantan istri Bupati Kebumen Bapak Amin Sudibyo serta H Yazid Mahfudz, Imam masid Agung Kebumen, caleg DPR RI dari PKNU. Mereka mampu memasang photo pencalonan mereka di jalan-jalan strategis, berukuran besar dan di mana-mana. Kemapanan mereka juga ditandai kampanye di media elektronik lokal (stasiun radio) seperti yang dilakukan Bapak H. Yazid Mahfudz.

H.Yazid Mahfudz,Caleg DPR RI PKNU, Tuan Dan Mapan

H.Yazid Mahfudz,Caleg DPR RI PKNU, Tua Dan Mapan

Hakam Qolyubi, Caleg PKNU Yang Masih Mudia Belia

Hakam Qolyubi, Caleg PKNU Yang Masih Mudia Belia

Berbeda halnya dengan calon wakil rakyat berusia muda, belum mapan dan kurang berpengalaman. Kampanye yang mereka lakukan sedikit dan poster mereka lebih kecil dan jarang terpampang di jalan-jalan. Mungkin mereka memilih alternatif lain menjalankan kampanyenya yaitu melalui jejaring komunitas sosial di internet seperti yang dilakukan Bapak Mohammad Saleh, calon wakil rakyat DPR RI untuk wilayah Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga yang masih berusia 32 tahun ini.

Sebagai rakyat biasa, saya tidak mengenal calon-calon ini dengan baik. Apa sebenarnya visi dan misi mereka menjadi calon wakil rakyat ? Dengan ketetapan Mahkamah Konstitusi 23 Desember 2008 yang menghapus sistem nomor urut dan memberlakukan sistem suara terbanyak dalam penentuan calon pemenang pemilu legislatif 2009, diharapkan mereka segera turun ke tengah masyarakat untuk mengenalkan diri dan mendekatkan diri. Tolong tawarkan kepada rakyat solusi mengenai ketersediaan gas dan minyak tanah yang lancar dan murah, sembako murah dan tersedia beraneka serta lapangan kerja yang mudah di dapat di dalam negeri. Ini sangat penting !

Hendro Budiarto, Caleg DPRD Jateng Dari PDIP, Saat ini masih jadi anggota DPRD II Kebumen

Heru Budiyanto, Caleg DPRD Jateng Dari PDIP, Saat ini masih jadi anggota DPRD II Kebumen

2 Tanggapan

  1. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: