The Mosquito Evolution Today (Picture)

Mosquito evolution ?

Mosquito Evolution ?

Photo nyamuk ini saya ambil tanggal 12 Mei 2009. Nyamuk yang besar ini saya temukan di rumah saya di Kebumen bersama dengan nyamuk-nyamuk lainnya yang berukuran biasa yang sering kita jumpai di rumah. Pada mulanya saya simpan di bungkus plastik kedap udara beberapa bulan sampai akhirnya saya buang begitu saja.
Nyamuk besar ini sangat istimewa bagi saya, kenapa ? Lingkungan rumah saya bukanlah habitat nyamuk sebesar itu. Karena saya baru 3 kali menemukan nyamuk sebesar itu di rumah saya selama 22 tahun tinggal. Dan itu hanya seekor di antara ratusan nyamuk-nyamuk kecil lainnya yang biasa beterbangan di rumah. Nyamuk yang besar ini sosoknya sangat lemah. Tidak sekuat dan segesit yang kecil.
Pertanyaan saya adalah apakah nyamuk besar ini hasil evolusi dari nyamuk-nyamuk kecil yang biasa kita jumpai terhadap lingkungan perumahan penduduk ?
Bila iya, tentu kita harus waspada dan melakukan penelitian lebih lanjut atas ancaman nyamuk ini.

Satu Tanggapan

  1. di daerah saya juga banyak ditemukan nyamuk yg semacam itu, tapi sepertinya tidak menggigit

Tinggalkan Balasan

